Rss Feed

Get Your Passion

Bill Gates di kala itu adalah seorang pemuda yang bersahabat dengan Paul Allen. Mereka berdua senang sekali menggeluti dunia komputer dan piranti lunak. Satu hal yang mereka sadari bahwa komputer di masa itubelum memiliki bahasa program. Dan pasti anda sudah tahu, ketika sebuah komputer belum memiliki bahasa program, maka komputer itu hanya seonggok timah yang bisa menyala saja, tidak dapat di operasikan.
Hingga suatu ketika, ia bersama dengan Paul Allen datang ke kantor IBM, dan menawarkan bahasa program bagi komputer-komputer rakitan IBM. Menariknya, Bill Gates yang berbicara kala itu memberikan sebuah pernyataan menarik, “kami punya jawaban atas masalah anda. Kami mempunyai bahasa program bagi komputer anda, dan kami patenkan yang diberi nama dengan DOS”. Disinilah momentum bersejarah itu terjadi. Mereka bahkan tidak tahu bahwa pertemuan dan kalimat tersebut akan menjadi sebuah momentum bersejarah akan kejayaan Microsoft. Kenapa mereka tidak tahu bahwa hal tersebut akan menjadi momentum bersejarah kala itu?
Karena di saat mereka keluar dari kantor IBM, Paul Allen sedikit marah dengan Bill Gates karena mereka berdua tahu bahwa bahasa program DOS tersebut belum ada sama sekali di tangan mereka. Jawaban Bill sederhana saja kepada Paul, “bukankah kau pernah bilang bahwa kau kenal seseorang yang kita bisa beli system operasinya, karena tidak mungkin kita memberikan jawaban yang tidak pasti kepada IBM”.
Akhirnya, Paul Allen mendatangi orang tersebut, dan mencoba menawar system operasi tersebut seharga $50.000. sementara itu, Bill Gates menunggu dengan perasaan gelisah, khawatir orang tersebut tidak mau menjual system operasinya. Tapi akhirnya, orang tersebut mau menjual kepada mereka. Inilah momentum yang menghantarkan microsoft berjaya dan menjadikan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia.
Apa yang hebat dari Bill Gates dan Paul Allen? Dari sekian banyak hal, saya melihat satu hal yang sangat jelas. Mereka memiliki passion. Mereka menyukai apa yang mereka kerjakan. Mereka dari dulu menyukai dunia komputer dan senantiasa mencari berita-berita di majalah yang berkenaan dengan komputer, sebuah barang langka dan belum canggih kala itu.
Begitu intens nya dengan dunia itu, sehingga mereka tahu bahwa sebuah komputer yang di produksi memiliki masalah yang sama, yaitu bahasa program yang hebat. Bahkan dalam buku Outliers yang di tulis oleh Malcolm Gladwell menyebutkan bahwa orang-orang yang sangat sukses adalah orang-orang yang begitu menyukai dan mencintai apa yang mereka kerjakan. Begitu cintanya, sehingga mereka rela melakukan nya hingga 10.000 jam.
Inilah passion. Sesuatu yang membuat kita suka melakukannya. Bahkan apapun yang kita kerjakan akan terasa ringan karena adanya passion ini. Saya sangat suka dengan definisi impian dari John Elliot, seorang Ph. D yang juga seorang motivator yang mengajar bisnis, dan seorang psikolog. Katanya, impian adalah perasaan. Menjadi demikian mudah apa yang kita, capai jika apa yang kita kerjakan itu sangat menyenangkan, karena impian kita adalah passion kita sendiri.
Jadi, sekarang apa passion anda??

0 komentar: